Gratis
Media, Indonesia, berita Indonesia, foto Indonesia, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik, rss feed, galeri foto, terkini, nasional,ekonomi,sosial,budaya
  • BISNIS & TEKNOLOGI
  • SOSOK
  • Pertanian
  • Agama
  • Hukum&Kriminal
  • Pendidikan
  • Nasional & Olahraga
  • Advertorial Daerah
  • Politik
  • Riau
  • OPINI & Goresan
  • Indeks
  • Kamis, 18 Januari 2018
    Find us: 
    Panen Perdana Bawang Merah Kota Dumai Banjir Pujian
    Jumat, 5 Januari 2018 | 19:42:13

    Dumai- Kelompok Tani (Poktan) Kebun Jaya, Kelurahan Bukit Kayu Kapur, Kecamatan Bukit Kapur melaksanakan panen perdana bawang merah, Senin (04/01/2018).

    Dalam panen perdana itu menghasilkan bawang merah sebanyak 4,5 ton dengan luas 0,5 hektar, dengan hasil tersebut banjir akan pujian dan rasa bangga atas pencapaian Poktan Kebun Jaya.

    Seperti yang disampaikan Kadis KPP Kota Dumai Bapak Hadiyono S Hut MM dalam sambutan menyampaikan, rasa bangga atas hasil tanaman sangat baik, saat masuk ke perkebunan.

    "Saya pertama masuk melihat tanaman bawang sangat bangga, karena hasilnya sangat baik," ujarnya. 

    Menurutnya, kegiatan ini merupakan bantuan dari APBD Kota Dumai tahun 2017, dimana pada bulan Oktober 2017 anggota Poktan yang ada di Kota Dumai melaksanakan belajar tanaman bawang di Solok Sumbar. 

    "Poktan Kebun Jaya juga melaksanakan penanaman bawang merah pada tanggal 30 Oktober 2017 dan sekarang sudah berumur 65 hari pada tanggal 4 Januari 2018, alhamdulillah sudah siap panen. Dimana dengan luas lahan 0,5 Ha dengan bibit  500 Kg dan hasil yang didapat sebanyak 4,5 Ton. Semoga kedepannya kegiatan ini akan kita tingkatkan kembali untuk meningkatkan kesejahteraan petani," ungkapnya.

    Sementara Dandim 0320/Dumai Letkol Inf Horas Sitinjak SIP menyampaikan, bahwa beberapa hari yang lalu berbelanja disalah satu Pasar Tradisional di Kota Dumai menanyakan harga bawang di pasar, namun pedagang menawarkan bawang merah dari Sumbar, Sumut dan Brebes Jawa Tengah, bawang Dumai belum ada. 

    "Sekarang telah kita buktikan bahwa di Poktan Kebun Jaya kita hari ini melaksanakan panen bawang merah dengan luas 0,5 Ha membuktikan bahwa Kota Dumai bisa menghasilkan bawang merah.  

    Namun demikian lanjut Dandim berharap, kedepannya dengan bersama dapat meningkatkan Swasembada pangan di Kota Dumai, sehingga masyarakat Kota Dumai tidak lagi ketergantungan dari daerah luar dan jangan malu untuk menjadi petani.  

    "Sebab, kalau kita tekuni dan mengikuti prosedur yang benar petani akan lebih besar penghasilannya jika dibandingkan dengan Pegawai Negeri," tutur Dandim. 

    Hal senada juga disampaikan Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo SE menyampaikan, bahwa pangan harus disiapkan, tanpa ada kesiapan ketahanan pangan sulit untuk ditingkatkan. Bicara kedaulatan pangan panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo beberapa waktu yang lalu ikut panen di Kabupaten Siak.

    "Salah satunya menjaga Indonesia kita harus menyiapkan ketahanan pangan dan penguatan dengan objeknya pertanian, serta perlu pendampingan dari segala lapisan baik dari Pemda, TNI dan Polri untuk mewujudkan ketahanan pangan," urai Eko. 

    Terakhir ditambahkan orang nomor dua pemerintahan Kota Dumai itu, kegiatan ini kedepannya agar dapat ditingkatkan kembali dari yang sudah ada sekarang dan di kembangkan di Kecamatan yang ada di Kota Dumai.(SAR)


    Akses berita terbaru versi mobile di: m.wasiatnews.com
    Tinggalkan Komentar
    Nama*:
    Email*:
    Website:
    Komentar*:
    : * Masukkan kode disamping!
    © 2013 wasiatnews.com All rights reserved by. arieweb