Media, Indonesia, berita Indonesia, foto Indonesia, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik, rss feed, galeri foto, terkini, nasional,ekonomi,sosial,budaya
  • BISNIS & TEKNOLOGI
  • SOSOK
  • Pertanian
  • Agama
  • Hukum&Kriminal
  • Pendidikan
  • Nasional & Olahraga
  • Advertorial Daerah
  • Politik
  • Riau
  • OPINI & Goresan
  • Indeks
  • Kamis, 22 Februari 2018
    Find us: 
    Ini Kata Cagubri Firdaus-Rusli Soal Dumai dan Daerah Pesisir
    Sabtu, 20 Januari 2018 | 01:07:19
    Cagubri Firdaus berkomunikasi kepada warga Duri, Mandau saat hendak berkunjung ke Kota Dumai, Jumat (19/01/2018).

    DUMAI - Pasangan calon Gubernur Riau (Cagubri) 2018-2023 Firdaus-Rusli mengunjungi Kota Dumai, Jumat (19/01/2017) untuk menghadiri sejumlah undangan dan pertemuan bersama masyarakat.

    Dalam kunjungannya walikota Pekanbaru dua periode ini mendapati berbagai persoalan di Kota Dumai. Tidak sebatas itu, sejak dirinya menjadi Dinas PU Provinsi Riau yang saat itu bernama Kimpraswil Riau pada 2008 dirinya sudah mengupayakan sejumlah pembangunan di Kota Dumai meski saat ini pembangunan infrastruktur yang dimaksud belum rampung.

    Dihadapan masyarakat Dumai Firdaus menjelaskan bahwa persoalan yang mendasar di Dumai akan menjadi prioritas utama jika dirinya bersama Cawagub Rusli Effendi diberikan amanah.

    "Ada sejumlah persoalan mendasar yang perlu diselesaikan dan menjadi prioritas salah satunya air bersih, infrstruktur pendukung dan RTRW. Tiga hal ini merupakan satu kesatuan yang harus segera direalisasikan secara serentak dan berkeadilan," jelasnya.

    Soal air bersih, papar Firdaus, dirinya memahami wilayah pesisir Riau sungguh sulit mendapatkan air bersih, oleh karenanya ada berbagai opsi yang bisa dilakukan diantaranya  mewujudkan penyulingan air laut menjadi air bersih dengan menghadirkan teknologi canggih sebagaimana telah dilakukan disejumlah negara maju.

    "Saya sudah tanya sama pak wawako Dumai, Eko Suharjo, kata beliau kebutuhan dana dengan menyedot air Sungai rokan dengan menghadirkan teknologi untuk mengolah air laut kurang lebih sama, kalau memang bebannya sama kenapa tidak kita upayakan yang dekat (laut-red) saja, tentunya lebih efisien dan produktif," sebutnya.

    Persoalan infrastruktur, kata Firdaus, untuk menunjang kemajuan sebuah wilayah apalagi yang menjadi incaran investor adalah tersedianya infrastruktur memadai, air bersih dan listrik.

    "Tiga kebutuhan mendasar ini harus segera direalisasikan sehingga sebuah wilayah menjadi makmur dengan tumbuh dan berkembangnya investasi otomatis meningkatkan kesjahteraan masyarakat dan tersedianya lapangan pekerjaan," jelasnya.

    Ditambahkan Firdaus, untuk persoalan tata ruang wilayah (RTRT) jika nanti dirinya diberikan amanah untuk memimpin Riau 2018-2023 maka tugas pertama yang akan diselesaikan serta digesa adalah penyelesaian RTRW.

    "Sama seperti daerah lain termasuk Kota Pekanbaru. Dumai saya dapati Rp17 triliun investor mengantri untuk masuk tapi menunggu RTRW, kita di Pekanbaru juga begitu sudah berapa tahun kita ajukan Perda RTRW namun sampai hari ini belum ada selembarpun yang selesai, hal ini tentu menghambat pertumbuhan," sebutnya.

    Berbagai hal dipaparkan pasangan Firdaus-Rusli namun yang menjadi perhatian masyarakat adalah soal alokasi anggaran, dengan visi dan misi Riau Madani, Berkemajuan dan Berkeadilan, duet antara eksekutif dan legislatif ini berjanji menyalurkan APBD Provinsi riau seadil-adilnya ke masing-masing daerah.

    "Pemerintah Provinsi itu hanya protokol saja, yang punya wilayah tentunya Bupati dan Walikota, maka alokasi akan kita salurkan secara adil dan merata kepada pemilik wilayah untuk memakmurkan masyarakat mereka semakmur-makmurnya dan seadil-adilnya," jelasnya.

    Firdaus-Rusli berhasil maju sebagai calon Gubernur Riau periode 2018-2023 setelah diusung Partai Demokrat dan PPP, kemudian mendapat dukungan tambahan dari PBB.***

     

    Editor: Megi Alfajrin globalriau


    Akses berita terbaru versi mobile di: m.wasiatnews.com
    Tinggalkan Komentar
    Nama*:
    Email*:
    Website:
    Komentar*:
    : * Masukkan kode disamping!
    © 2013 wasiatnews.com All rights reserved by. arieweb