Gratis
Media, Indonesia, berita Indonesia, foto Indonesia, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik, rss feed, galeri foto, terkini, nasional,ekonomi,sosial,budaya
  • BISNIS & TEKNOLOGI
  • SOSOK
  • Pertanian
  • Agama
  • Hukum&Kriminal
  • Pendidikan
  • Nasional & Olahraga
  • Advertorial Daerah
  • Politik
  • Riau
  • OPINI & Goresan
  • Indeks
  • Sabtu, 20 Januari 2018
    Find us: 
    Home  / Agama
    Dahsyat! Khasiat Gerakan Salat untuk Tubuh dalam Penjelasan Alquran dan Sains
    Sabtu, 4 November 2017 | 18:56:18

    Wasiatnews.com - Salat merupakan salah satu ibadah yang dikerjakan oleh umat Islam di seluruh dunia. Salat merupakan perintah Allah yang disebutkan dalam salah satu ayat Alquran.

    "Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat)," Surah Al-Isra' Ayat 78.

    Website Islamic Renaissance mengungkapkan, perintah ibadah yang dilaksanakan ini menjadi media untuk meditasi (Muraqaba) yang memberikan manfaat fisik, mental, dan emosional.

    Meditasi dapat menurunkan tekanan darah, menjaga tubuh agar tetap fit dan awet muda. Meditasi juga memelihara jaringan tubuh, energi kehidupan, dan memelihara biokimia yang seimbang dengan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh manusia.

    Salat bisa meningkatkan efisiensi pernapasan, sirkulasi di pembuluh darah yang mengelilingi 'alveoli' (atau kantung udara) dalam paru-paru. Dengan demikian, salat juga meningkatkan pertukaran gas dan manusia dapat bernapas lebih dalam.

    Peningkatan konsumsi oksigen ini membuat orang merasa lebih baik. Gerakan yang diulang-ulang dan teratur selama salat meningkatkan kekuatan otot dan daya tendon.

    Tidak hanya itu, salat meningkatkan pelumasan sendi dan gerakan mempertahankan fleksibilitas. Gerakan-gerakan ini diketahui mencegah penyakit jantung koroner, meningkatkan asupan oksigen maksimum, memperlambat detak jantung, dan menurunkan tekanan darah.

    Temuan ini melalui penelitian oleh Harvard University yaitu ketika peneliti Dr Herbert Bensen mengungkap bahwa pengulangan konstan dari ayat-ayat Alquran dan zikir, ditambah dengan aktivitas otot menyebabkan respons relaksasi yang mengarah ke penurunan tekanan darah, penurunan konsumsi oksigen, penurunan jantung, serta pernapasan.

    Dalam buku yang ditulis Ramadhani dkk dengan judul ‘Alquran vs Sains Modern menurut Dr Zakir Naik’ terdapat kalimat yang mengatakan bahwa tidak ada senam yang lebih baik daripada yang dilakukan seorang Muslim seperti sujud. Gerakan ini memiliki manfaat bagi kesehatan orang yang melakukannya.

    Saat seseorang sujud akan ada suplai aliran darah menuju otak yang akan membuat otak menjadi lebih sehat. Ketika manusia bernapas secara normal, maka sepertiga udara akan tersisa di paru-paru. Tetapi saat manusia bernapas di waktu sujud, maka abdormal fetra akan menekan diafragma.

    Diafragma akan mengeluarkan sisa udara tadi. Jadi, manusia bisa bernapas dengan lebih segar. Dikarenakan manusia menghirup udara yang lebih segar, maka besar kemungkinan paru-paru akan lebih sehat.

    Selain itu, saat seseorang bangkit dari sujud, ada tekanan lebih pada otot betis. Otot betis menurut pendapat ilmu medis dikenal sebagai peripheral heart yang akan memompa darah ke bagian bawah tubuh.

    Sementara ketika rukuk, gerakan ini menyeimbangkan aliran darah jantung ke otak. Seperti diketahui, rukuk memposisikan tubuh untuk membungkuk ke depan dan menempatkan kedua tangan di lutut. Gerakan tersebut dapat mendorong aliran darah lebih lancar.

    Sumber : okezone.com


    Akses berita terbaru versi mobile di: m.wasiatnews.com
    Tinggalkan Komentar
    Nama*:
    Email*:
    Website:
    Komentar*:
    : * Masukkan kode disamping!
    © 2013 wasiatnews.com All rights reserved by. arieweb